MENCENGANGKAN! INI DIA 5 ALASAN MENGAPA RIBA WAJIB DIHINDARI

  1. Menyebabkan Gila

Didalam Al Qur’an, Allah menggambarkan para pelaku riba seperti kelakuan orang gila. Hal ini disebabkan karena mereka tidak bisa membedakan mana jual beli yang halal dan mana jual beli yang mengandung  riba. Padahal, Allah SWT dan Rasulullah SAW telah menegaskan bahwa Allah SWT menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

  1. Penyebab Dihapusnya Berkah

Alasan kedua mengapa riba wajib dihindari karena merupakan penyebab dicabutnya berkah. Allah SWT tidak akan menerima sedekah dari pelaku riba dan dari uang hasil riba. Selain itu, Allah SWT juga tidak akan menerima do’a dari para pelaku riba.

  1. Menyebabkan Kekufuran

Orang yang terus menerus menerapkan praktik riba, memakan riba, mendukung praktik riba dan memanfaatkan harta hasil riba adalah orang yang kufur kepada Allah SWT. Mereka terus menikmati sesuatu yang haram tanpa merasa berdosa dan tidak ingin segera bertaubat. Jika seseorang terus melakukan dosa, bagaimana Allah bisa mengangkat derajatnya? Jika seseorang tidak bertaubat, bagaimana Allah SWT bisa mengampuni segala dosanya?

  1. Kekal di Neraka

Alasan keempat mengapa riba harus dihindari karena Allah mengancam para pelaku riba akan hidup kekal di neraka jika mereka tidak mau bertaubat kepada Allah SWT sampai akhir hayatnya. Apalagi, dosa riba ini sangatlah besar. Bahkan, Rasulullah SAW pernah bersabda jika dosa riba terdiri dari 73 pintu, dan pintu dosa yang paling ringan seperti dosa seorang pria yang berzina dengan ibu kandungnya. Subhanallah.

  1. Diperangi Allah SWT dan Rasul-Nya

Selain diancam akan kekal didalam neraka, para pelaku riba juga diancam akan diperangi oleh Allah SWT dan Rasul-Nya baik di dunia ataupun di akhirat. Karena tanpa disadari, sebenarnya Riba hanya akan menyebabkan seseorang miskin dan gila.

Oleh karena itu, selagi Allah masih memberi kesempatan untuk bertaubat, segeralah bertaubat. Pilihlah cara bermuamalah yang sesuai syariat Agama Islam agar tidak mudah terjerumus oleh riba. Semoga bermanfaat.

.

.

.

.

.

DE PRIMA TUNGGULWULUNG, PERUMAHAN ISLAMI PERTAMA, TERBESAR DAN TERLENGKAP DI KOTA MALANG

Email : primaland.id@gmail.com
Instagram : @primaland.id
Facebook : @primalandofficial