YUK SAMBUT RAMADHAN DENGAN 4 PERSIAPAN INI!

Bulan suci yang dinanti-nanti sudah kurang beberapa minggu lagi, sebagai muslim yang baik kita wajib menyambutnya dengan rasa bahagia. Nah, seraya menunggu kedatangan bulan Ramadhan, sebaiknya kita menata diri dengan persiapan-persiapan berikut ini agar ibadah kita di bulan Ramadhan semakin berkualitas dan lebih mudah dalam meraih pahala sebanyak-banyaknya.

  1. Persiapan Ruhiyah

Rasulullah memberikan contoh kepada kita untuk senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan dengan membiasakan berpuasa. Aisyah pernah berkata, “Rasulullah SAW tidak pernah berpuasa sunnah di satu bulan lebih banyak daripada bulan Sya’ban. Sungguh, beliau berpuasa penuh pada bulan Sya’ban”. (HR. Bukhari)

Selain itu, kita juga harus mempersiapkan kualitas ibadah dengan memperbanyak tilawah, qiamulail, shalat fardhu bejamaah di masjid, membaca doa pagi dan petang, sholat sunnah, dll. Hal ini dimaksudkan agar sejak bulan Sya’ban kadar keimanan kita sudah meningkat. Boleh dikiaskan, bulan Rajab dan Sya’ban adalah masa warming up sehingga ketika memasuki Ramadhan kita sudah bisa menjalani ibadah shaum dan sebagainya itu sudah menjadi kebiasaan.

  1. Persiapan Jasadiyah

Untuk memasuki Ramadhan kita memerlukan fisik yang lebih prima dari biasanya. Sebab, jika fisik lemah, bisa-bisa kemuliaan yang dilimpahkan Allah pada bulan Ramadhan tidak dapat kita raih secara optimal. Maka, sejak bulan sya’ban ini mari persiapkan fisik seperti olah raga teratur, membersihkan rumah, makan-makanan yang sehat dan bergizi.

  1. Persiapan Maliyah

Persiapan harta ini bukan untuk membeli keperluan buka puasa atau hidangan lebaran sebagaimana tradisi kita selama ini. Mempersiapkan harta adalah untuk melipatgandakan sedekah, karena Ramadhanpun merupakan bulan memperbanyak sedekah. Pahala bersedekah pada bulan ini berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan biasa.

  1. Persiapan Fikriyah

Agar ibadah Ramadhan bisa optimal, diperlukan bekal wawasan yang benar tentang Ramadhan. Mu’adz bin Jabal r.a berkata: “Hendaklah kalian memperhatikan ilmu, karena mencari ilmu karena Allah adalah ibadah”. Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah mengomentari atsar diatas, ”Orang yang berilmu mengetahui tingkatan-tingkatan ibadah, perusak-perusak amal, dan hal-hal yang menyempurnakannya dan apa-apa yang menguranginya”.

Nah, itulah beberapa persiapan utama yang harus kita persiapkan mulai sekarang untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan. Semoga bermanfaat.

.

.

.

.

.

DE PRIMA TUNGGULWULUNG, PERUMAHAN ISLAMI PERTAMA, TERBESAR DAN TERLENGKAP DI KOTA MALANG

Email : primaland.id@gmail.com
Instagram : @primaland.id
Facebook : @primalandofficial