KISAH SAHABAT: SA’AD BIN ABI WAQASH, PEMANAH TERHEBAT DI JAMAN RASULULLAH SAW

Tahukah anda, ternyata di jaman ketika Rasulullah SAW berperang terdapat seorang sahabat yang sangat jago memanah? Beliau adalah Sa’ad bin Abi Waqash, salah satu sahabat yang dijanjikan surga oleh Allah SWT.  Sa’ad bin Abi Waqash dikenal sebagai seorang pemanah hebat disetiap peperangan serta dikenal sebagai penjaga setia Rasulullah SAW ketika perang. Karena kesetiaan sahabat Sa’ad bin Abi Waqash dalam menjaga Rasulullah SAW, akhirnya Rasulullah SAW memohon kepada Allah SWT agar selalu mengabulkan segala do’a sahabat Sa’ad bin Abi Waqash ini.

Beliau adalah sahabat yang pertama kali melepaskan anak panah di jalan Allah. Bidikannya begitu tepat. Jika beliau memanah pasti selalu tepat sasaran karena Rasulullah SAW pernah mendoakanya “Ya Allah, jadikanlah bidikan anak panahnya jitu dan kabulkan doanya.”

Diriwayatkan dari Amir bin Sa’ad, dari ayahnya, bahwa Rosululloh SAW pernah bersumpah demi kedua orang tuanya, Amir berkata,

“Seorang pria musyrik telah membakar kaum muslimin, maka Rosululloh bersabda, ‘Lepaskanlah anak panah, demi ayah dan ibuku. Aku pun mengambil anak panah yang tidak ada runcingannya hingga mengenai keningnya. Pria itu kemudian terjatuh dengan aurat tersingkap, lalu Rosululloh tertawa hingga gigi serinya terlihat.”

Nabi SAW pun pernah bersabda, “Siapa yang menembakkan panah sampai mengenai sasaran di dalam jihad di jalan Allah SWT, maka ia memeroleh satu derajat di surga.” (HR. Abu Daud)

Pada perang Uhud, ketika pasukan Islam berhasil diporak-porandakan musuh, Sa’ad termasuk sepuluh orang yang tersisa dan tetap bertahan melindungi Rasulullah. Dengan busur dan panahnya, beliau menghalau musuh yang berusahan menyerang Rasulullah. Di saat-saat genting seperti itu, Rasulullah berseru menyemangati Saad,

“Bidiklah, Sa’ad! Bidik! Demi ayah bundaku sebagai tebusanmu.”

Dan Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” HR. Bukhori dan Muslim.

Kini, anda bisa belajar mahir memanah dengan menikmati fasilitas lapangan panahan di Perumahan Islami De Prima Tunggulwulung.

Jl. Akordion utara perum. De prima tunggulwulung

08113766666

.

.

.

.

.

DE PRIMA TUNGGULAWULUNG, PERUMAHAN ISLAMI PERTAMA, TERBESAR DNATERLENGKAP DI KOTA MALANG

 

Email : primaland.id@gmail.com
Instagram : @primaland.id
Facebook : @primalandofficial