MUSLIM WAJIB MAHIR MEMANAH!

Tahukah anda bahwa ternyata Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk belajar memanah sampai mahir? Tidak peduli anda suka memanah atau tidak, yang jelas Rasulullah telah berkali-kali menganjurkan umatnya agar mahir bermain anak panah. Setelah diteliti, ternyata olahraga anjuran Rasululah ini memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa, bahkan tidak ditemukan dalam olahraga lainnya.

Bagaimana tidak? Ketika seseorang memanah, sangat diperlukan badan yang fit, pikiran yang tenang dan mood yang bagus. Karena kalau tidak, maka pemanah tersebut tidak akan mencapai target sasaran. Rajin berlatih memanah juga sangat ampuh untuk memperbaiki fisik, seperti postur tubuh ideal, menjadikan tubuh terlihat lebih sehat dan bugar. Selain itu, rajin berlatih memanah juga sangat ampuh untuk melatih fokus, berani mengambil keputusan, meningkatkan rasa percaya diri serta meningkatkan kecerdasan otak.

Jadi, tak heran bila setiap selesai melakukan latihan memanah pikiran dan tubuh kita akan semakin rileks. Apalagi, jika anak panah kita mampu mencapai target sasaran, maka rasa puas dan rasa senang tersebut akan membuat perasaan kita lebih bahagia dari perasaan sebelumnya. Suasana hati akan lebih ceria, gembira, bersyukur dan lebih giat lagi untuk terus berlatih memanah.

Apalagi, olahraga memanah ini merupakan salah satu  olahraga yang paling diridhoi Allah SWT. Bayangkan saja, seluruh malaikat di langit rela turun ke bumi ketika ada orang-orang sibuk bermain panahan. Apalagi jika pemanah tersebut meluruskan niat berlatih memanah karena Allah SWT, maka malaikat langsung berdo’a kepada Allah SWT akan keselamatan orang-orang yang memanah tersebut. Subhanallah.

Sebagai umat muslim, kita harus taat pada anjuran Rasulullah SAW. Penuhi keinginan beliau, mari belajar memanah, mari ajari anak-anak kita memanah. Jadikan olahraga memanah sebagai ajang kompetensi antar umat muslim untuk mengukur kemampuan fisik, berpikir dan rasa.

Nah, itulah mengapa Rasulullah SAW sangat menganjurkan seluruh umatnya untuk belajar dan berlatih memanah hingga mahir. Semoga kita semakin terpacu untuk semakin giat untuk belajar dan berlatih  memanah. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

DE PRIMA TUNGGULWULUNG, HUNIAN ISLAMI PERTAMA, TERBESAR DAN TERLENGKAP DI KOTA MALANG