CARA KREDIT RUMAH YANG BENAR DAN HALAL

Beli rumah secara kredit boleh, namun tetap harus dengan cara yang benar dan halal. Nah, berikut akan dijelaskan bagaimana cara membeli rumah secara kredit yang benar dan halal agar anda tidak terjerumus dalam dosa riba.

Tahukah anda bahwa ternyata beli rumah secara kredit melalui bank syariah belum tentu akadnya benar dan halal? Walaupun mereka menyatakan akan menerapkan akad murobahah, namun kenyataannya akad tersebut tidak murni diterapkan. Lantas bagaimana cara penerapan akad murobahah yang benar dan halal?

Nah, jika memang bank tersebut menyatakan bahwa telah menerapkan akad murobahah seharusnya terjadi akad jual beli antara pihak bank dan nasabah, bukan antara developer dan nasabah bank. jika anda sudah terlanjur akad atau membayar DP dengan pihak developer, maka anda harus membatalkannya.

kemudian anda meminta bank syariah yang akan melunasi rumah anda untuk melakukan akad jual beli dengan pihak developer. Jika pihak bank dan developer sudah melaksanakan akad, dan rumah tersebut sudah dibayar lunas oleh pihak bank, maka anda boleh membayar rumah tersebut secara kredit ke pihak bank sesuai kesepakatan. Tapi, harus tetap dengan catatan tanpa ada bunga, denda dan sita yang merupakan riba. Kemudian silahkan untuk balik nama kepemilikan rumah setelah anda selesai membayar cicilan.

Tapi  masalahnya, adakah bank yang menerapkan akad murobahah seperti itu? Tidak ada, karena di Indonesia bank tidak diperkenankan untuk menjual suatu barang kepada nasabah. Adakah bank yang tidak menerapkan bunga, denda dan sita? Tidak ada, semua tetap terdapat praktik riba walaupun terkadang menyelewengkan dengan istilah lainnya.

Oleh karena itu, jangan sampai anda terbujuk oleh tipu daya riba. Jika ingin membeli rumah secara kredit ikuti cara diatas, jika memang bank tidak bersedia menerapkan cara demikian maka carilah developer yang siap menjual rumahnya secara tunai atau kredit. Dengan begitu anda akan terbebas dari tipu daya riba yang tidak jelas dan membingungkan.

 

 

 

 

DE PRIMA TUNGGULWULUNG, HUNIAN ISLAMI PERTAMA, TERBESAR DAN TERLENGKAP DI KOTA MALANG

Email : primaland.id@gmail.com
Instagram : @primaland.id
Facebook : @primalandofficial