3 AMALAN PENUNDA KEMATIAN

Tahukah anda, bahwa ternyata terdapat beberapa amalan yang bisa menunda kematian kita? Meskipun kematian sudah direncanakan oleh Allah SWT, tapi bila kita rajin mengamalkan ketiga hal ini, maka Allah akan memberikan umur yang cukup dan barokah kepada kita semua. Kira-kira, amalan apa saja ya? Simak selengkapnya berikut ini.

  1. Bersedekah

Amalan pertama yang bisa dilakukan untuk menunda kematian kita adalah dengan rajin bersedekah.  Karena Allah SWT akan memberikan umur yang panjang bagi orang yang senantiasa bersedekah.

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Amr bin Auf bahwa Rasulullah SAW bersabda, “sesungguhnya sedekah seorang muslim bisa meningkatkan umurnya, bisa mencegah kematian yang su’ul khotimah, dan Allah akan menghapus sifat arogan, kefakiran serta sifat berbangga diri darinya.” (HR. Thabrani)

  1. Silaturahmi

Amalan kedua yang bisa dilakukan untuk menunda kematian kita adalah dengan rajin bersilaturahmi. Sebab, dengan kita rajin bersilaturahmi, tidak hanya bisa memperpanjang umur namun juga menambah rezeki kita.

 “Barangsiapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang,maka hendaklah ia bersilahturahmi.” (HR. Bukhari)

  1. Mengabdi Kepada Orang Tua

Amalan ketiga yang bisa dilakukan untuk menunda kematian kita adalah mengabdi kepada orang tua.  Meskipun terlihat sederhana, namun tidak sedikit pula orang yang melalaikan kewajiban ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa teradang kita sebagai seorang anak menyakiti hati orang tua. Bahkan seiring bertambahnya usia, maka potensi seorang anak untuk melawan orang tuanya juga semakin besar. Terlebih lagi bila terlalu asyik mengikuti perkembangan zaman.

Mengabdi kepada orang tua bukan hanya perkara uang, namun perkara hati. Sebab, orang tua tidak pernah menginginkan harta dan uang anaknya melainkan kasih sayang dan perhatian kepada mereka lah yang diinginkannya. Selain itu, orang tua merupakan perpanjangan tangan dari Allah SWT. Sehingga pantaslah dikatakan bahwa, ridho orang tua adalah ridho Allah SWT.

 “Barangsiapa yang mengabdi terhadap kedua orang tuanya, maka Allah akan meningkatkan umurnya.” (HR. Al-Baihaqi)

Nah, itulah ketiga amalan yang bisa menunda kematian kita, karena Allah telah menambah umur kita bila kita rajin mengamalkannya. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya seputar tips menatik, info terkini dan islami hanya di http://primaland.id/

 

DE PRIMA TUNGGULWULUNG, HUNIAN ISLAMI 100% SYARIAH

Email : primaland.id@gmail.com
Instagram : @primaland.id
Facebook : @primalandofficial