TIPS AJARKAN ANAK BERPUASA SUNNAH ASYURATIPS AJARKAN ANAK BERPUASA SUNNAH ASYURA

Tahukah anda, bahwa di Bulan Muharram kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak puasa? Terutama, puasa Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Ada apa dengan 10 Muharram?

Nah, tanggal ini ternyata memiliki banyak sejarah islam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa a.s dan Bani Israel dari kejaran Fir’aun dan rombongan. Oleh karena itu, Rasulullah SAW menganjurkan seluruh umat muslim untuk berpuasa Asyura. Namun, bila kita ingin melaksanakan amalan puasa Asyura ini, sebaiknya kita juga berpuasa Tasu’a, yakni tanggal 9 Muharram. Atau, bila tidak bisa berpuasa pada tanggal 9 muharram, kita juga bisa berpuasa pada tanggal 11 Muharram.

Sebagai orangtua yang baik, tidak ada salahnya jika anda juga mengajak anak-anak anda berpuasa sunnah. Hal ini juga bertujuan untuk melatih agar bila sudah datang puasa wajib di Bulan Ramadhan, anak-anak anda bisa kuat berpuasa wajib sebulan penuh. Berikut tips ajarkan anak berpuasa sunnah asyura:

1. Kenalkan Tentang Puasa Asyura

Langkah pertama yang harus anda lakukan bila ingin mengajarkan anak berpuasa sunnah Asyura adalah kenalkan apa itu puasa sunnah asyura. Anda bisa menceritakan sedikit tentang anjuran puasa Asyura dan pahala yang akan didapat bila kita melaksanakannya.

2. Ajak Berpuasa dan Bangunkan Ketika Sahur

Jika anda sudah menceritakan tentang sejarah dan pahala yang akan didapat, yakni Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita setahun yang lalu bila mampu melaksanakan puasa Asyura. Langkah selanjutnya yakni, ajak anak anda berpuasa keesokan harinya. Jangan lupa beri tahu ia, bila nanti anda akan membangunkannya untuk sahur.

3. Ajak Beribadah

Nah, ketika anak anda telah memulai harinya dengan berpuasa sunnah, silahkan berikan semangat pada anak. Sambil menunggu waktu berbuka, jangan lupa ajak ia beribadah bersama, seperti sholat berjamaah, mengaji bersama, tidur siang bersama dan meminta agar dia membantu anda menyiapkan makanan untuk berbuka.

4. Beri Hadiah atau Pujian

Bila anak anda telah berhasil melaksanakan ibadah puasa sunnah, silahkan berikan pujian agar ia semakin tertarik untuk rajin berpuasa sunnah bersama keluarga. Atau, anda bisa juga memberikan ia eskrim, coklat atau makanan kesukaannya sebagai hadiah kecil untuknya.

Nah, itulah beberapa tips ajarkan puasa sunnah pada anak. Baca artikel seputar info islami dan tips menarik lainnya di http://primaland.id/. Semoga bermanfaat.

 

DE PRIMA TUNGGULWULUNG, HUNIAN ISLAMI 100% SYARIAH

Facebook: @primalandofficial
Instagram: @primaland.id