TIPS MUDAH AGAR RUMAH TETAP SEJUK MESKIPUN TANPA ACTIPS MUDAH AGAR RUMAH TETAP SEJUK MESKIPUN TANPA AC

Memiliki tempat tinggal diperkotaan yang padat penduduk, serta suhu global yang mulai memuncak, mengakibatkan cuaca semakin gerah dan terkadang berdampak emosi terhadap sebagian orang. kipas angin tidak lagi berfungsi sebagimana mestinya. Diperkotaan, hal tersebut sangat tidak nyaman, dikarenakan polusi serta musim kemarau yang semakin menjadi-jadi.

Rasanya, ingin langsung membeli AC saat itu juga. Tujuannya, agar rumah langsung terasa dingin, sejuk dan nyaman, meski diluar rumah cuacanya sangat panas. Namun, haruskah kita membeli AC? Sadarkah kita, efek negatif AC pada lingkungan? Apakah tidak adakah cara lain yang bisa membantu selain AC? Pastinya ada, berikut tips mudah agar rumah tetap sejuk meskipun tanpa AC.

1. Cat Rumah Anda dengan Warna Teduh

TIPS MUDAH AGAR RUMAH TETAP SEJUK MESKIPUN TANPA AC
sumber: google.com

Tahukah anda, bahwa mengecat rumah dengan warna teduh seperti hijau daun ternyata bisa memberikan efek yang lebih sejuk pada rumah kita? Dalam hal pengecatan rumah, hindari mengecat rumah dengan warna mencolok seperti merah. Lakukan pengecatan rumah, pada saat menjelang musim panas tiba.

2. Matikan Peralatan Elektronik yang Tidak Dipakai

TIPS MUDAH AGAR RUMAH TETAP SEJUK MESKIPUN TANPA AC
sumber: google.com

Disaat suhu rumah terasa panas, anda bisa segera mematikan alat elektronik seperti komputer, lampu, televisi, dan peralatan elektronik lainnya yang sedang tidak digunakan. Hal ini dikarenakan, peralatan elektronik yang sedang aktif juga mengeluarkan suhu panas.

3. Membuka Ventilasi Dimalam Hari

TIPS MUDAH AGAR RUMAH TETAP SEJUK MESKIPUN TANPA AC
sumber: google.com

Membuka ventilasi ruangan pada malam hari, ternyata juga merupakan cara efektif untuk menjadikan ruangan rumah anda terasa lebih sejuk. Hal ini dikarenakan suhu malam hari pada musim panas biasanya menjadi lebih rendah dibandingkan hari-hari biasa.

4. Atur Arah Putaran Kipas Angin

TIPS MUDAH AGAR RUMAH TETAP SEJUK MESKIPUN TANPA AC
sumber: google.com

Anda harus tahu, bahwa dengan mengatur kipas angin berlawanan dengan arah jarum jam, pada kecepatan yang lebih tinggi, dapat membuat aliran udara dari kipas menghasilkan efek angin dingin sehingga akan membuat Anda merasa lebih sejuk.

5. Menanam Pohon Disekitar Rumah

TIPS MUDAH AGAR RUMAH TETAP SEJUK MESKIPUN TANPA AC
sumber: google.com

Nah, untuk tips kelima ini, anda bisa melakukan jauh-jauh hari sebelum musim panas tiba ya. Karena pepohonan yang ditanam di sekitar rumah akan sangat membantu membuat suhu disekitar rumah Anda menjadi lebih dingin dan lebih teduh.

 

Dan uniknya, pohon-pohon tersebut juga akan melindungi rumah Anda dari paparan sinar matahari langsung supaya tidak masuk ke dalam rumah Anda. jangan lupa untuk menambahkan tanaman hias disekitar halaman rumah anda.

Nah, itulah kelima tips mudah, agar rumah tetap sejuk meskipun tanpa AC. Bagaimana menurut anda? semoga bisa menambah wawasan ya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi http://primaland.id/ untuk mengetahui seputar tips atau informasi menarik lainnya.

 

DE PRIMA TUNGGULWULUNG, HUNIAN ISLAMI 100% SYARIAH

Facebook: @primalandofficial
Instagram: @primaland.id