TIPS MENDIDIK ANAK ALA RASULULLAHTIPS MENDIDIK ANAK ALA RASULULLAH

Tahukah anda, bahwa ternyata Rasulullah SAW telah mengajarkan kita semua bagaimana cara medidik anak yang baik? Dalam mendidik anak, tentunya harus dimulai dari rumah sendiri dan peran orang tua yang sangat penting. Terkadang, kita lebih mengandalkan guru untuk mendidik anak kita, padahal kunci sukses dalam mendidik anak terdapat pada kedua orangtua. Lantas, bagaimana tips mendidik anak ala Rasulullah SAW?

1. Mendidik anak usia 0 hingga 6 tahun: Perlakukan anak sebagai raja

Seperti yang anda ketahui, ketika anak usia 0-6 tahun merupakan usia emas atau Golden Age. Nah, pada usia ini anak akan mengalami masa tumbuh kembang yang sangat cepat.

Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk senantiasa berlemah lembut terhadap anak kita yang masih berusia dari 0 hingga 6 tahun. Memanjakan, memberikan kasih sayang, merawat dengan baik dan membangun kedekatan dengan anak merupakan pola mendidik yang baik.

Sedikit catatan bagi orangtua, ketika anak anda nakal maka janganlah dipukul. Memukul ataupun memarahi anak pada usia ini bukanlah cara yang tepat. Berikanlah kesempatan pada anak agar merasakan kebahagiaan yang berkualitas dimasa kecil.

2. Mendidik anak usia 7 hingga 14 tahun: Perlakukan anak sebagai tawanan perang atau pembantu

“Perintahkan anak-anakmu untuk shalat saat mereka telah berusia 7 tahun, dan pukullah mereka jika meninggalkannya ketika mereka berusia 10 tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Abu Dawud)

Nah, dalam mendidik anak usia 7 hingga 14 tahun ini, anda harus lebih tegas. Anda sudah harus memperkenalkan anak dengan tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian pada usia ini.

Pukullah anak ketika ia tidak mau mendirikan shalat. Tapi ingat, jangan sampai anda memukul terlalu keras sehingga ia merasakan sakit. Selain itu, latih anak anda diusia ini untuk mandiri dan terbiasa membantu kedua orangtua. Seperti mencuci piring sendiri setelah selesai makan, cuci baju sendiri, membantu menyapu dan membersihkan rumah, serta membantu dalam hal lainnya yang bermanfaat untuk masa depannya.

3. Mendidik anak usia 15 hingga 21 tahun: Perlakukan anak seperti sahabat

Tahukah anda, bila anak pada usia ini adalah usia dimana anak akan cenderung memberontak? maka dari itu, dibutuhkan pendekatan yang baik kepada anak. Hal ini berfungsi agar kita bisa meluruskan anak ketika anak berbuat kesalahan, karena kita dekat dengan anak.

Perlu diingat, bahwa masa ini adalah masa pubertas untuk anak-anak. Jadi, pada usia ini mereka pasti memiliki masalah pribadi. Jangan sampai ketika anak-anak punya masalah namun mereka cari solusi dan cari curhat ke tempat orang lain. Didiklah anak dengan membangun persahabatan meskipun kita adalah orangtuanya, agar anak tidak merasa bahwa kita adalah orang ketiga yang tidak boleh tahu tentang permasalahan dirinya.

Itulah beberapa tips mendidik anak ala Rasulullah SAW. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh orangtua, jangan pernah memarahi dan menghardik anak di hadapan adik-adiknya ataupun di depan kakak-kakaknya. Hal ini bermaksud, supaya harga dirinya tidak jatuh dan anak tidak merasa terkucilkan.

Alangkah baiknya bila orangtua mendidik anak-anaknya di lingkungan rumah muslim. Lingkungan rumah yang sangat cocok untuk membantu mendidik anak secara islami.

Facebook: @primalandofficial
Instagram: @primaland.id